Nyabloners, Ayo Sayangi Teman Bisnismu!

merawat mesin printing

Seperti yang sudah kami sampaikan kemarin bahwa mesin printing ialah aset berharga bagi bisnismu. Untuk itu, Sobat perlu banget merawat mesin supaya bisa terus digunakan. Teman bisnismu ini juga perlu dirawat supaya tetap baik performanya. Kan asik juga kalau kalian bisa menjalankan bisnis dalam waktu yang panjang. Nah, gimana sih cara merawat mesin printing ini?

Merawat mesin printing dengan memperhatikan suhu ruangan

Suhu ruangan yang ideal supaya mesin printing tetap beroperasi dengan baik ialah sekitar 26°C. Pertahankan suhu tersebut mulai dari sebelum mesin menyala hingga proses cetak selesai dan mesin mati. Mengapa harus memastikan suhu tetap sejuk? Karena apabila suhu berubah-ubah atau cenderung panas, hal ini bisa mempengaruhi print head.

Baca Juga : Rhinotec GP 160, Mesin Wajib Punya Para Nyabloners!

Selalu cek ketersediaan tinta

Hal ini harus kamu lakukan beberapa hari sekali, tergantung seberapa besar kapasitas produksi yang kamu jalankan. Semakin sering dan besar kapasitas produksinya, Sobat perlu melakukan pengecekan tinta sesering mungkin. Langkah ini dianjurkan supaya tidak terjadi proses cetak terhambat hanya karena kehabisan tinta. Terlebih lagi, hasil cetak pun akan berkurang kualitasnya apabila di tengah proses cetak terjadi tinta habis. Sebagai pengusaha, menjaga kualitas produk yang Sobat jual tentu saja penting.

Gunakan tinta yang sesuai

Satu hal lagi soal tinta yang perlu jadi perhatianmu, Sobat. Pastikan kamu menggunakan tinta yang sesuai dengan jenis mesin yang kamu miliki. Misalnya apabila Sobat memiliki mesin printing eco solvent, tentu saja kalian harus menggunakan tinta eco solvent. Penggunaan tinta yang sesuai ini juga bisa menjaga awetnya print head bekerja sesuai porsinya. Karena permasalahan yang kerap dijumpai pada mesin printing ialah kerusakan pada print head.

Baca Juga : Rhinotec RC 130 Xa, Mesin Cutting Keren Teammate Rhinotec GP 160

Pasang stabilizer dan UPS

Memasang stabilizer dan UPS juga merupakan cara merawat mesin printing. Dengan adanya stabilizer, tegangan listrik akan stabil selama proses mencetak. Selain itu, adanya UPS (Uninterrupted Power Supply) ini berguna untuk menghindari mesin berhenti mendadak apabila listrik mati secara tiba-tiba. Dengan UPS, meskipun listrik mati, proses cetak bisa tetap dilanjutkan hingga selesai.

Jaga kebersihan mesin

Sama halnya seperti mesin cutting, membersihkan mesin printing dari debu dan kotoran juga penting. Selalu bersihkan mesinmu sebelum dan sesudah digunakan, serta selama tidak digunakan. Langkah ini dilakukan juga supaya print head mesin bisa bekerja maksimal. Karena print head merupakan bagian yang rawan terhadap kotoran. Dengan membersihkannya secara rutin, Sobat juga menyelamatkan print head yang merupakan komponen penting pada teman bisnismu ini.

Baca Juga : Artikel Usaha Sablon Lainnya

Ulasan di atas merupakan tips singkat dalam merawat mesin printing yang bisa Sobat coba. Selalu perhatikan kebersihan teman bisnismu ya, Sobat! Supaya kalian bisa terus bersama dan usahamu juga berumur panjang. Jika Sobat ada pertanyaan seputar paket usaha atau mesin printing, tak perlu ragu untuk menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *