Ingin Memulai Usaha Sablon Digital? Sobat Perlu Punya Ini!

perencanaan keuangan

Membuka usaha kini menjadi banyak dilakukan oleh banyak orang di kala pandemi. Salah satunya ialah usaha sablon digital. Selain mengetahui mesin apa yang akan digunakan, jenis bahan serta teknik sablonnya, Sobat perlu menyiapkan satu hal lagi. Apa itu? Perencanaan keuangan. Hal ini untuk membantu usahamu terpantau aman secara finansial.

Mengapa perencanaan ini sangat dibutuhkan dalam sebuah usaha?

Baca Juga : 8 Paket Usaha Sablon Digital, Mana Pilihanmu?

Melihat kondisi saat ini, Sobat perlu benar-benar memantau pendapatan dan pengeluaran, bukan? Nah, dengan adanya rencana keuangan yang tepat ini Sobat bisa memperkirakan batas pengeluaran untuk usahamu.

Ada info menarik nih dari gelaran Jakarta Marketing Week pada Sabtu (19/9/2020) lalu. Salah satu yang disampaikan ialah pentingnya perencanaan keuangan. Ini penting untuk Sobat yang akan atau sudah memulai usaha.

Pada kesempatan tersebut, Certified Financial Planner PT Bank Syariah Mandiri, Meidy Ferdiansyah menyampaikan bahwa dalam membuat sebuah perencanaan ini hal pertama yang perlu Sobat lakukan ialah mengetahui tujuan dan jalan apa yang akan dipilih. Beliau juga mengatakan jika dalam setiap rencana hendaknya kita selalu berusaha nilai keberkahan. Tujuannya tentu saja untuk memberikan kelancaran dan manfaat jasmani serta rohani.

Baca Juga : 5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Sablon Digitalmu

Beliau juga menyebutkan, dalam membuat perencanaan diperlukan tiga alasan. Fokus pada tujuan keuangan, memberikan motivasi, dan memudahkan Sobat dalam mengambil langkah untuk mencapai tujuan. Tak hanya itu, beliau juga memberikan tiga tips dalam merencanakan keusngan. Hal ini bisa diaplikasikan untuk bisnis dan keuangan pribadi.

Tips pertama, Sobat perlu menentukan tujuan keuangan. Jika Sobat memiliki tujuan keuangan yang jelas, maka fokus untuk langkah pencapaiannya pun semakin mudah. Selanjutnya ialah memisahkan antara keinginan dan kebutuhan. Sebagai pemilik usaha, keinginan untuk mengembangkan usaha tentu ada. Namun apakah pengembangan tersebut diperlukan dalam waktu dekat? Apakah ada kebutuhan lain yang lebih penting untuk dipenuhi? Inilah yang harus Sobat pertimbangkan baik-baik supaya tidak ada pengeluaran tak terduga di luar rencana.

Tips terakhir yang disampaikan ialah merencanakan tabungan dan investasi di awal. Selain pendapatan dan pengeluaran dalam usaha, Sobat juga perlu memikirkan tabungan. Jangan biarkan hasil jerih payah Sobat dalam membuka usaha tak bisa kamu nikmati. Maka dari itu, sediakan tabungan khusus yang terpisah. Kemudian soal investasi, Sobat bisa memikirkan jenis investasi apa yang cocok untuk mendukung usaha yang dijalankan. Misalnya dengan membeli mesin-mesin berkualitas untuk mendukung proses produksi.

Baca Juga : Artikel Usaha Sablon Digital

Nah, sebaiknya kapan perencanaan keuangan ini dijalankan? Menurut beliau, sebaiknya Sobat memulainya ketika mendapatkan pemasukan pertama dari bisnis yang dijalankan. Mengatur keuangan memang terkaddang rumit. Namun, Sobat tidak akan kesulitan nantinya jika ada keperluan mendadak. Dalam rencana keuangan sebaiknya Sobat membagi biaya tabungan untuk kebutuhan mendadak dan tabungan lain.

Dalam tips ketiga ada bagian investasi nih. Salah satunya pada mesin produksi. Sobat juga bisa memilih mesin-mesin sablon digital di paket usaha yang kami sediakan. Apa saja paketnya? Sobat bisa membuka halaman “Paket Usaha Sablon” pada website kami. Untuk info lengkapnya, silakan hubungi tim Bikin Usaha Sablon di halaman kontak ya!

Salam sukses, Sobat Nyabloners!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *