Proses Pre-treatment pada Sablon DTG

sablon dtg

Halo, Sobat Nyabloners! Bagi kamu yang akrab dengan sablon digital, pasti sudah tidak asing dengan sablon DTG. Sesuai namanya―direct to garment―sablon ini bisa mencetak langsung ke kaos tanpa perantara transfer paper. Di ulasan kali ini, Bikin Usaha Sablon ingin membagikan informasi seputar direct to garment nih, Sobat!

Bicara soal direct to garment atau DTG, ada satu proses yang penting untuk dilakukan. Apa itu? Proses pretreatment, Sobat. Dalam proses ini, kain kaos disemprot dengan cairan khusus untuk menunjang hasil cetak dari printer DTG. Ya, Sobat sebaiknya melakukan proses ini sebelum memproduksi custom kaos dengan cara DTG.

Apa sih yang membuat proses ini penting dalam rangkaian proses sablon DTG? Selengkapnya bisa Sobat Nyabloners simak di ulasan ini.

Baca Juga : Mengenal Printer DTG, Mesin Printer Kaos Masa Kini

Mengapa proses ini penting dalam sablon DTG?

Tujuan dari menyemprotkan cairan pretreatment ini ialah mempersiapkan kaos untuk menerima tinta tekstil DTG. Hal tersebut juga membuat warna tinta DTG bisa teraplikasikan dengan maksimal. Hasil cetaknya mampu menyajikan warna yang solid dan halus.

Pertanyaan yang kemudian banyak muncul adalah, apa yang terjadi jika proses ini dilewati? Dengan melewati proses pretreatment ini, Sobat bisa mendapatkan masalah serius. Karena tinta DTG tidak bisa menempel pada kain kaos. Sangat disayangkan jika desain kerennya tidak teraplikasikan dengan baik, bukan?

Untuk teknik pretreatment ini juga beragam. Ada yang menyemprotkannya manual dengan bantual botol spray biasa dan ada yang menggunakan mesin khusus pretreatment DTG. Cara mana pun bisa Sobat pilih. Yang terpenting ialah cairan pretreatment bisa teraplikasikan secara merata pada area yang akan ditimpa tinta.

Baca Juga : Ingin Kaos DTG Awet? Lakukan Beberapa Hal Ini!

Lakukan pre-treatment tanpa ribet dengan ini!!!

Dalam metode manual dengan menggunakan botol spray, Sobat memerlukan beberapa alat seperti botol semprot dan kuas. Hah? Kuas? Yups, gunanya untuk memastikan cairan pretreatment bisa merata ke seluruh bagian kaos. Oleh karena dilakukan secara manual, Sobat tentu perlu waktu untuk mempersiapkan kelengkapan serta memprosesnya.

Bagaimana jika ada banyak pesanan yang harus Sobat kerjakan?

Untuk membantu meringankan pekerjaanmu, saat ini sudah banyak mesin pretreatment DTG beredar di pasaran. Kamu bisa mempertimbangkan mesin ini untuk kelangsungan usaha clothing yang kamu jalankan. Mesin pretreatment DTG sudah dirancang khusus sehingga mampu menyemprotkan cairan secara merata ke bagian kaos. Dengan begitu, hasil cetak dari printer DTG akan makin maksimal.

S-Box Pretreatment DTG (cr. YouTube Rhino Indonesia)

Salah satu mesin pretreatment yang bisa Sobat Nyabloners temukan ialah Rhinotec S-Box Pretreatment DTG. Dengan mesin ini, Sobat bisa mempersingkat waktu produksi per kaos. Asumsinya, jika waktu produksi bisa lebih cepat maka Sobat bisa menambah kuota atau kapasitas produksi per hari.

Mengenai cara kerja mesin pretreatment ini bisa Sobat Nyabloners simak pada video di atas ya!

Baca Juga : Artikel Usaha Sablon Digital

Bagaimana Sobat Nyabloners? Jika ingin menekuni atau mengembangkan usaha sablon DTG kamu, mesin pretreatment ini layak untuk dipertimbangkan. Mengingat kepuasan pelanggan sangat penting bagi para pebisnis, Sobat pasti menginginkan hasil terbaik.

Sangat disayangkan jika Sobat sudah memilih kaos polos kualitas terbaik, namun kualitas akhir produknya menurun hanya karena proses yang kurang maksimal. Jadi, masih ingin berpikir lama untuk mempertimbangkannya?

Apabila Sobat Nyabloners juga tertarik dengan metode sablon yang lainnya, di bawah ini ada tautan yang bisa Sobat pilih untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar sablon digital.

Semoga informasi tentang sablon DTG ini bisa bermanfaat ya, Sobat! Jangan ragu hubungi tim Bikin Usaha Sablon apabila ada pertanyaan mengenai sablon digital. Sukses selalu, Sobat Nyabloners!

Butuh informasi lain seputar sablon digital? Klik di sini

Tertarik dengan sablon polyflex? Temukan produk mesin cutting Rhinotec Blitar di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *