Bikin Tali ID Card Custom Lebih Mudah!!!

tali id card

Lanyard atau dikenal juga sebagai tali ID card, kini semakin banyak desain-desain menarik. Fungsinya pun juga beragam. Mulai dari tali kartu identitas pegawai, panitia event hingga untuk dikaitkan pada ponselmu. Jika Sobat tertarik untuk memproduksi custom lanyard, berikut ini ada beberapa langkah membuatnya.

Baca Juga : Custom Casing HP Makin Mudah dengan RSM-04

Langkah pertama, tentu Sobat Nyabloners harus menyiapkan bahan serta desain lanyard tersebut. Berikut yang perlu Sobat siapkan :

  • kertas transfer khusus sublimasi
  • tali lanyard putih
  • mata ayam
  • stopper
  • kail untuk id card
  • kartu identitas dan holdernya.

Jika sudah siap, selanjutnya Sobat perlu memastikan mesin untuk produksinya juga supaya berfungsi dengan baik. Mesin apa saja yang Sobat butuhkan? Sobat bisa menggunakan printer sublimasi atau printer office yang sudah dimodifikasi untuk sublimasi, serta mesin press khusus lanyard. Wah, emangnya ada?

Ada dong, Sobat!

Rhinotec belum lama ini memperkenalkan mesin heatpress terbarunya yang dirancang khusus untuk produksi lanyard. Namanya mesin RTL-02. Mesin ini dilengkapi double heater sehingga Sobat bisa menyalakan pemanas di bagian atas dan bawah. Pemanas ini pun bisa kalian atur untuk berfungsi salah satu saja atau keduanya.

Sudah? Selanjutnya kalian bisa cek kembali desain yang sudah disiapkan. Berikan lebihan ukuran pada desain. Hal ini untuk menghindari aplikasi desain terlalu mepet dengan ukuran tali lanyard.

Baca Juga : Sublimasi Printing, Mesin Apa yang Bisa Digunakan?

Kemudian cetak desain tersebut pada kertas transfer menggunakan printer sublimasi. Pastikan desain yang Sobat siapkan tadi sudah mirrored atau terbalik. Mari beralih ke langkah berikutnya. Setelah proses cetak selesai, Sobat bisa meletakkan tali ID card dan meletakkan kertas transfer sublimasi di bagian yang kalian kehendaki. Bisa satu atau dua sisi.

Proses dengan mesin heatpress RTL-02 selama 15 hingga 20 detik pada sushu 220 derajat Celcius. Ketika proses ini selesai, Sobat sudah bisa merangkai tali, kail, stopper dan mengaitkannya ke ID card.

Jika penjelassan di atas kurang lengkap, Sobat bisa cek video di bawah ini sebagai panduan.

credit : YouTube Rhino Indonesia

Mesin press tali ID card Rhinotec RTL-02

Beberapa waktu lalu, Rhinotec meluncurkan produk mesin press terbarunya, yaitu RTL-02. Mesin ini dirancang sebagai solusi bagi para pengusaha custom lanyard supaya tidak repot melakukan press bertahap untuk 1 lanyard.

RTL-02 ini juga sudah dilengkapi oleh stand dan feeder atau penahan bahan supaya tali lanyard tidak bergeser. Secara teknis, mesin ini memiliki area cetak sebesar 25 x 100 senti meter. Sobat bisa melakukan press untuk banyak tali sekaligus dan baru memotongnya nanti ketika sudah jadi semua. Lebih ringkas kan prosesnya?

Baca Juga : Artikel Usaha Sablon Digital

Selain itu, daya yang dibutuhkan sebanyak 2.500 hingga 5.000 watt. Jadi apabila pemanas atas dan bawah difungsikan bersama, maka konsumsi dayanya sebesar 5.000 watt. Namun jika Sobat mengaktifkan pemanas di bagian atas saja maka daya yang diperlukan hanya 2.500 watt.

Bukan hanya itu. Ada kemudahan lain yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan mesin ini. Di RTL-02 ini Sobat juga bisa mengatur besar tekanan tuasnya. Dengan begitu, proses transfer desain dari kertas ke media tali pun bisa makin maksimal.

Tertarik meminang RTL-02 ini?

Jika Sobat tertarik untuk mengetahui informasi yang lebih detail tentang mesin ini atau langsung memesan unitnya, silakan hubungi tim Bikin Usaha Sablon ya! Kamu bisa menghubungi kami melalui halaman kontak di website atau melalui media sosial kami.

Ayo produksi tali ID card dengan cepat dan mudah sekarang juga menggunakan RTL-02!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *