Pilihan Sablon Digital yang Sesuai Business Planmu!

sablon digital

Apa nih yang ada di benak Sobat Nyabloners ketika dengar “sablon digital”? Kira-kira sablon jenis apa yang terpikirkan? Kalau Sobat memikirkan beberapa jenis sablon, tidak salah kok. Karena memang jenis sablonnya beragam.

Di podcast TingWe juga pernah dibahas lho. Ketinggalan? Simak video berikut yuk!

YouTube Bikin Usaha Sablon

Dalam ulasan kali ini, kami mau berbagi informassi seputar macam-macam sablon digital. Jadi bagi Sobat Nyabloners yang ingin tau lebih lanjut bisa simak pembahasan berikut ya!

Baca Juga : Selain Kaos, Produk Ini Juga Diproduksi dengan Sublimasi

Pertama, ada sablon digital polyflex

Sablon jenis ini terbilang sederhana. Sobat Nyabloners hanya membutuhkan bahan polyflex, mesin cutting, mesin press, dan media seperti kaos misalnya. Cocok untuk Sobat yang baru saja ingin menekuni bisnis di bidang sablon.

Untuk pilihan warna, Sobat tak perlu khawatir. Polyflex kini ada beragam jenis, warna serta motif. Sobat juga bisa memadukan beberapa warna untuk hasil sablon keren.

Sablon polyflex juga tidak terbatas untuk kaos saja lho, Sobat. Mau sablon di kain jaket, tas totebag atau pouch pun bisa. Dengan catatan, bahan dari medianya harus tahan panas ya, Sobat!

Sablon digital sublimasi

Jersey, sarung bantal, hijab dan gamis printing, dan sprei tentu familiar dengan Sobat Nyabloners ya. Nah, produk-produk ini diproduksi dengan teknik sublimasi. Wah, apa lagi nih?

Sederhananya, sablon sublimasi ini merupakan salah satu teknik sablon digital yang memanfaatkan paper sublime dan mesin press untuk proses produksi. Desain dicetak ke paper sublime dan kemudian dipindahkan ke media dengan mesin press.

Cek printer sublimasi Rhinotec GT 160 di sini!

Baca Juga : Solusi Bagimu yang Bingung Memulai Usaha

Printer sublimasi biasanya dilengkapi tinta khusus. Sehingga dapat teraplikasikan dengan baik. Di samping itu, adanya tinta sublimasi ini pun ditujukan supaya aman dan nyaman untuk kulit. Biasanya produk kaos atau jersey, serta sprei nih sering concern di sisi in iya.

Sablon direct to garment (DTG)

Wah, apa lagi nih? Sablon ini merupakan teknik cetak langsung ke media. Printer DTG dirancang untuk mencetak desain secara langsung ke media kain. Bahan kain yang disarankan ialah 100% cotton atau campuran dengan persentasse cotton lebih banyak.

Langkah penting yang perlu Sobat perhatikan ialah tahap pre-treatment. Tujuan dari tahap ini adalah menyiapkan media supaya desain dapat teraplikasikan dengan maksimal. Ada pre-treatment manual dan juga digital yang bisa Sobat pilih. Proses ini dilakukan sebelum desain dicetak ke media. Simak video berikut untuk tau proses pre-treatment dengan mesin ya!

credit : YouTube Rhino Indonesia

Sedangkan untuk proses akhir, sama dengan teknik lainnya. Finishing bisa disempurnakan dengan mesin press, Sobat. Tertarik dengan sablon jenis ini?

Baca Juga : Artikel Usaha Sablon

Sablon digital transfer film (DTF)

Sedikit mirip dengan sublimasi nih. Sama-sama dicetak ke media perantara. Namun untuk sablon DTF, media perantaranya ialah PET film. Sablon jenis ini juga membutuhkan bubuk kristal yang kemudian dipanaskan.

DTF ini juga menjadi solusi untuk Sobat Nyabloners yang ingin berkreasi dengan beragam desain. Keren deh! Prosesnya pun sederhana. Desain yang sudah siap, bisa dicetak ke PET film. Kemudian dilanjutkan proses penaburan bubuk kristal ke film dan dipanaskan. Setelah itu, lembar PET film yang sudah selesai dipanaskan dapat ditempelkan ke media. Proses akhir ditutup dengan bantuan mesin press untuk menempelkannya.

Bagaimana, Sobat Nyabloners?

Kalian bisa diskusi dengan tim kami jika butuh info lebih lanjut. Boleh lah kita diskusi sambil ngopi. Hubungi kami dengan klik link berikut ini yuk! Kita diskusi seru seputar sablon digital.

Diskusi santai tentang sablon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *